FidekoksalFidekoksal

Apakah Hiu Layak Mendapatkan Reputasi Buruk?

11 October 2019 / Ikan Hiu

Sejak umat manusia muncul di Bumi, mereka telah belajar untuk takut dan menghormati predator puncak yang berkeliaran di lautan kita dan beberapa sungai air tawar. Apa yang saya bicarakan? Hiu! Bahkan, begitu orang mendengar kata: “Hiu!” teror secara instan dilukiskan di wajah mereka sementara pikiran mereka dengan cepat mengingat adegan menakutkan dari film: “Jaws”. Apakah benar-benar adil memberi hiu reputasi buruk? Apakah mereka layak mendapatkannya? Ayo lihat!

Fakta # 1: Serangan hiu bukan efek khusus atau isapan jempol dari imajinasi penulis yang bertanggung jawab untuk film seperti “Jaws” dan “Deep Blue Sea”. Mereka memang ada. Faktanya, ada rata-rata 56 serangan hiu tak beralasan setiap tahun, dalam skala dunia. Dari serangan ini, sekitar 4 fatal.

Fiksi # 1: Hiu menguntit pembunuh berdarah dingin. Walaupun mereka adalah makhluk berdarah dingin, mereka tidak menguntit siapa pun, terutama manusia. Faktanya, dari 62 serangan hiu tahunan, 56 tidak diprovokasi. Dari serangan hiu ini, 6 diprovokasi oleh manusia yang sebenarnya menyerang mereka. Dari 56 serangan hiu yang tidak diprovokasi, kebanyakan jika tidak semuanya karena kebingungan dengan makanan favorit mereka: anjing laut. Terlalu banyak bagi mereka untuk makan di lautan dan sungai untuk mulai membuang-buang waktu, menguntit manusia. Film murni berdasarkan tujuan hiburan dan penjualan tiket, bukan pada fakta.

Fakta # 2: Tidak ada kata-kata untuk menggambarkan kengerian serangan hiu tetapi statistik konservasi juga tidak berbohong. Sementara rata-rata 4 kematian per tahun disebabkan oleh serangan hiu tak beralasan dari 56 di seluruh dunia, ada 100 juta hiu yang menjadi korban manusia karena mereka dipengaruhi oleh perdagangan baik penangkapan ikan atau penangkapan ikan ilegal oleh keduanya: olah raga atau nelayan komersial. Semua hasil dalam kematian: 100 juta dari mereka.

Fiksi # 2: Hiu memakan apa saja … atau siapa pun. Masalah sebenarnya adalah bahwa kecuali Anda berbicara tentang hiu harimau, sebagian besar spesies hiu akan lebih suka makan ikan, moluska dan mamalia laut. Manusia tidak termasuk dalam menu mereka.

Fakta # 3: Dari 350 spesies hiu yang berkeliaran di perairan planet kita, hanya 20% yang mampu melakukan serangan hiu terhadap manusia atau bahkan melakukan kontak dengan mereka. Faktanya, 80% hiu terlalu kecil, plankton atau hidup di mana manusia tidak terlihat sehingga mereka tidak menimbulkan ancaman bagi umat manusia.

Fiksi # 3: Hiu Putih Besar lebih suka manusia daripada yang lain. Salah! Bahkan, mereka biasanya mundur mengikuti gigitan pertama karena manusia terlalu kurus untuk seleranya dan tidak memiliki lemak yang begitu mereka sukai dan biasanya mereka temukan di anjing laut, singa laut, dan paus.

Fakta # 4: Serangan hiu paling penting yang pernah didaftarkan dilakukan selama Perang Dunia II terhadap awak USS Indianapolis. Sementara sekitar selusin anggota awak dimangsa oleh hiu dalam insiden tragis ini, para korban biasanya yang mati, yang terluka parah atau yang terisolasi. Hiu tidak diketahui memangsa orang sehat yang mereka khawatirkan konsekuensinya.

Fiksi # 4: Hiu membunuh manusia dengan sengaja. Faktanya, sebagian besar hiu terlibat dalam kematian yang disebabkan oleh serangan hiu terutama karena ukuran gigitan yang ditimbulkan, bukan oleh jumlah gigitan. Jika arteri terputus, penyebab kematian biasanya exsanguinations, bukan gigitan itu sendiri. Biasanya, hiu besar bertanggung jawab atas kematian tersebut. Spesies hiu yang terlibat dalam jenis kematian ini sebagian besar adalah hiu Putih Besar, hiu Bull, dan hiu Macan.

Fakta # 5: Beberapa spesies hiu lebih berbahaya bagi manusia daripada yang lain. Itu benar karena beberapa spesies lebih agresif atau lebih umum di daerah tertentu. Saat berburu, terutama di perairan keruh, hiu seperti hiu Putih Besar, hiu Bull dan hiu Macan tidak terintimidasi oleh ukuran dan akan menyerang selama jam berburu jika bingung dengan mangsa favorit mereka. Ketiga spesies ini adalah spesies hiu teratas yang terlibat dalam serangan hiu tanpa alasan.

Fiksi # 5: Semakin besar hiu, yang paling berbahaya bagi manusia. Sementara hiu Putih Besar memiliki ukuran yang mengesankan, hiu Paus dan hiu Basking, yang merupakan dua ikan terbesar yang berenang di lautan planet kita, mereka juga pemakan plankton, yang berarti mereka tidak membahayakan manusia. Bahkan, beberapa penyelam telah menemani raksasa lembut ini.

Seperti yang Anda lihat, hiu tidak pantas mendapatkan reputasi buruknya, yang terutama merupakan hasil dari film horor berdasarkan spesies hiu tertentu. Pada kenyataannya, orang-orang yang menjadi korban “nyata” bukanlah manusia. Jangan lupa bahwa lautan kita dan beberapa sungai juga merupakan habitat alami mereka. Kami adalah tamu yang tidak diundang. Paling tidak yang bisa kita lakukan adalah menunjukkan rasa hormat dan memberi mereka ruang ketika keselamatan menjadi masalah. Jangan jadikan mereka “orang jahat”! Faktanya, sebagian besar penyintas serangan hiu tidak memiliki rasa hormat selain mereka. Pasti ada alasannya!

Related Post to Apakah Hiu Layak Mendapatkan Reputasi Buruk?

Cara Memprovokasi Serangan Hiu
1 October 2019

Cara Memprovokasi Serangan Hiu

Serangan hiu biasanya dibuktikan dengan gigitan hiu dan bisa terjadi hanya setinggi dua kaki air! Tetapi serangan jauh lebih baik bagi tajuk surat kabar untuk menarik...

Hiu - Siapa Mereka?
27 July 2019

Hiu – Siapa Mereka?

Hiu! Apakah nama ini membawa rasa takut di pikiran Anda? Atau Anda hanya senang mendengar namanya. Hari ini saya akan memberi tahu Anda semua tentang hiu;...

Ringkasan tentang Hiu!
31 August 2019

Ringkasan tentang Hiu!

Hiu adalah hewan yang luar biasa yang telah ada sejak dinosaurus ada: Mereka hidup di perairan di seluruh dunia, di setiap laut, dan bahkan di beberapa...

Topik Yang Terkait Dengan Hiu
27 July 2019

Topik Yang Terkait Dengan Hiu

Ketika orang-orang berpikir tentang hiu, pikiran mereka dipenuhi oleh film, serangan hiu, perhiasan bertema hiu atau suvenir seperti mug hiu. Apakah ini satu-satunya item dan topik...

Karakteristik Khusus yang dimiliki Beberapa Jenis Hiu
12 June 2019

Karakteristik Khusus yang dimiliki Beberapa Jenis Hiu

Semua jenis hiu memiliki karakteristik tertentu yang mereka bagikan sementara beberapa bisa sangat aneh jika tidak unik. Misalnya, apakah Anda pernah bertanya-tanya bagaimana para ahli mengidentifikasi...